10/25/2009

Pengalamanku Kedua Menginstal Distro Linux.

Sebelum saya posting kedua kalinya saya mau mengulas ringkasan dari Majalah InfoLinux Edisi 10/2009. Linux itu hanya kernel atau jantung sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvalds. Kernel linux di lengkapi dengan berbagai software lainnya membentuk sistem operasi. Lalu, Linux menjadi istilah untuk sistem operasi lengkap yang disebut Distro (distribution). Misalnya Fedora, Redhat, Mandriva, Centos, Ubuntu dan masih banyak yang disebut sebagai sistem operasi Linux.

Kernel Linux mempunyai lisensi bernama GPL (General Public License), yang artinya tidak perlu biaya izin untuk menggunakan, mempelajari, memodifikasi, dan menyebarluaskan. GPL merupakan salah satu dari jenis lisensi FOSS (Free/Open Source Software) yang gratis. Rangkuman dari Pak Rusmanto

Pengalama keduaku menginstal Distro Linux Ubuntu yang pertama kali saya mencoba dengan versi 6.4, 6.10, 7.4, 7.10, 8.04, 8.10, 9.04, terakhir saya menginstal Distro Linux Ubuntu 9.10 yang saya download waktu itu disini. Setelah saya berulang-ulang menginstal Distro Linux Ubuntu. Akhirnya saya menetapkan untuk memakai Linux Ubuntu 9.04. Distro Linux Ubuntu mempunyai keluarga seperti Edubuntu, kubuntu, xubuntu. Yang semuanya hampir sama dengan Linux Ubuntu sendiri. Dan ada lagi Distro Linux yang sama dengan Linux Ubuntu, yaitu Linux Muslim Edition yang sekarang ini bernama Linux Sabily 9.04 yang saya pakai seperti ini.

Dan ada juga Distro Linux Ubuntu Studio yang versi terbarunya hampir sama mengikuti Linux Ubuntu. Yang bisa anda berkunjung disini. Dan masih banyak lagi Distro-Distro Linux yang saya coba instal dan saya belum sempat untuk menuliskan dan mempostingkan kali ini. Bila anda berkeinginan mencoba atau ingin menginstal Linux pilihlah Distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan anda sehari-hari. dan saya ingatkan jangan sampai salah memilih Distro Linux. Bila anda membaca tulisan ini baru ingin mencoba pertama kali menginstal Distro Linux, bisa tanya atau komentar ke blog ini.

Tags:

0 Responses to “Pengalamanku Kedua Menginstal Distro Linux.”

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentar Anda

Subscribe Us

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 K3M4LKU ONLINE. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks