10/23/2009

Pengalamanku Pertama Menginstal Distro Linux

Postingku kali ini tentang pengalamanku menginstal Distro Linux. Ditro Linux dan Distro Pakaian hampir sama perbedaan dan juga perkembangannya. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM) di bidang sandang dengan merk independen.

Ada berapa kesamaan konsep Distro Linux dan Distro Pakaian. Lahir dipertengahan 1990-an, banyak di kembangkan oleh perorangan atau organisasi kecil dan menengah terutama dari kalangan muda, dan bersifat eksklusif atau khas untuk setiap distro. Tujuan membuat distro hampir sama, distro linux untuk memudahkan orang memilih dan menggunakan program komputer, distro pakaian untuk memudahkan orang memilih dan menggunakan pakaian. Pengembang distro linux mengumpulkan program dalam sebuah atau beberapa CD/DVD, pengembang distro pakaian, mengumpulkan pakaian dalam sebuah atau beberapa toko. Persamaannya, pengembangan Distro Linux dan Pakaian dapat menjual jasa dalam pengembangan distro baru, modifikasi distro, pemasangan distro, dukungan teknis opersional distro, dan training tentang distro. Keduanya juga membutuhkan tenaga seni grafis, tenaga pemasaran, dan dokumentasi atau administrasi pegelolaan, serta ada penghargaan terhadap hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki para pencipta masing masing distro.Pak Rusmanto


Mulai tahun 2007-an saya mencoba dengan menginstal beberapa Distro Linux yang saya mulai dari Fedora 4 yang berjumlah 4 CD. Yang sekarang ini infolinux menyertakan Fedora 11 – edisi 10/2009, DVD 8GB. Dengan fedora ini saya alhamdullilah bisa mendalami apa yang saya belum bisa saat ini, untuk masa depan saya nanti di dunia kerja yang sagat membutuhkan sesuatu tenaga kerja dengan ahli di bidang IT. Fedora yang hampir sama dengan Redhat dan Centos membuat saya menjadi lancar sedikit demi sedikit. Akhirnya dengan Fedora 11 saya suka dengan tampilan desktopnya yang berwarna biru dan banyak aplikasi atau software multimedianya. Kalau anda membaca ini dan anda langsung praktekan instalasinya pasti anda tidak akan kecewa dengan tampilan dan aplikasi atau softwarenya. Kalau mau downlaod Distro Linux Fedora bisa lewat disini.


Setelah saya mencoba Distro Linux Fedora saya mencoba Distro Linux Redhat yang saya punya versi 9 masih yang lama. Kalau dibilang Fedora hampir sama dengan Redhat. Kalau tidak salah sekarang Redhat dengan versi terbarunya Redhat Enterprise 6. maklum aja saya bukan penjual CD/DVD makanya tidak tahu versi terbaru Redhat. Distro Redhat Enterprise bukan distro yang anda kira bisa di download atau di kasihkan begitu aja dengan Cuma-Cuma, melaikan anda harus beli terlebih dahulu sebelum mencobanya. Kalau anda mau Distro Persis dengan Redhat, anda bisa menginstal Centos atau Fedora. Tidak jauh beda sih dan tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. he..he.. Cuma hanya mengganti ongkos CD/DVDnya saja. Kalau mau mendownload Distro-Distro Linux bisa disini. Bila anda ingin melihat Distro terbaru Redhat bisa lihat disini.


Setelah Distro Linux Redhat, saya mencoba menginstal Distro Linux Mandriva. yang waktu itu saya coba versi 2006, yang sekarang ini versi terbarunya akan beredar di pasaran Linux Mandriva 2010, tinggal tunggu saja kapan saya posting lagi. he..he.. dan saya pun mencoba menginstal Linux Mandriva Free 2009.1, yang tampilan desktopnya warna kesukaan saya. Indahnya bumi kita ini dengan Distro-Distro Linux yang berwarna-warni, khususnya berwarna biru. Distro Linux Mandriva pun ada yang berbayar dan juga ada yang gratis. Biasanya Malajah InfoLinux hampir tiap tahun menyertakan versi baru Mandriva. Distro Linux Mandriva 2009.1 di Edisi Majalah InfoLinux 07/2009. saya pun hampir awal bulan tidak pernah ketinggalan Majalah InfoLinux dengan pokok bahasan yang tiap bulan berbeda-beda. Dan terkadang bisa bersambung di edisi berikutnya. Anda pingin mengunjungi InfoLinux bisa disini. Dan bila anda penasaran dengan Distro Linux Mandriva yang lama atau tebaru bisa lihat disini. Atau bisa berkunjung di situs ini.


Setelah itu saya mencoba untuk menginstal Distro Linux yang sama di pakai di kampus. Yang waktu di kampus memakai Distro Linux Centos versi 4.8, yang saya pakai di rumah Distro Linux Centos 5.0, akhirnya Majalah InfoLinux menyertakan DVD Linux Centos 5.1 dan 5.2, akhirnya saya mencoba untuk melihat perbandingan versi lama dan versi baru. Ternyata tidak jauh beda dan Cuma ada beberapa penambahan software saja. Akhir dari Linux Centos versi 5.2, saya mencoba untuk mendownload Linux Centos versi 5.3 sampai selesai. Akhirnya saya coba untuk menginstal kembali dengan versi 5.3nya. alhamdullilah warna Distro Linux Centosnya adalah warna kesukaanku. Yang saat ini masih saya masih bertahan dengan Distro Linux Centos Versi 5.3. bila anda ingin coba mendownlaod bisa lewat situs ini. Dan mau lihat Distro Linux terbaru Centos bisa disini.


Bila anda menginginkan Distro Indonesia pun ada dan tidak jauh beda dengan teman-teman sebaya-nya. Distro Linux Indonesia yang saya ketahu Blankon, Igos Nusantara (Nusantara 3), dan masih banyak lagi dan saya belum mengetahui satu persatu Distro Linux apa saja. bila mau mendownlaod Distro Linux Blankon bisa disini atau disini. Mohon maaf untuk Igos atau Nusantara3 saya tidak menyertakan linknya. Bisa anda beli saja di GudangLinux atau yang lainya.

Tags:

0 Responses to “Pengalamanku Pertama Menginstal Distro Linux”

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentar Anda

Subscribe Us

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 K3M4LKU ONLINE. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks